Inilah Penyebab dan Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat


Ketombe adalah kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Penyakit kulit yang satu ini sudah sangat biasa terjadi di kalangan masyarakat umum, namun ketombe bagi sebagian orang dapat membuat rasa percaya diri dapat menurun akibat penampilan yang terganggu dari kulit kering yang jatuh di pakaian dan juga seringnya kita menggaruk kulit kepala akibat ketombe itu sendiri. Menggunakan shampo merupakan alternatif termudah dari banyak metode untuk menghilangkan ketombe yang biasa orang ketahui. Namun, ketombe hukannya hilang, nyatanya malah jadi tambah parah, ada pula yang hilang namun kembali lagi dengan jumlah yang lebih banyak.

Penyebab ketombe ada berbagai macam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk perawatan shampo yang tidak cocok dengan kulit kepala kita. Lebih jelasnya lagi, yuk simak mengenai apa saja penyebab ketombe di bawah ini.

Penyebab ketombe


1. Jarang mencuci rambut

Jarang mencuci rambut atau keramas sudah pasti dapat membuat kulit kepala kita menjadi mati dan kering menumpuk dan menyebabkan munculnya ketombe.

2. Terlalu sering mencuci rambut

Sebaliknya, apabila Anda rutin mencuci rambut atau keramas akan membuat rambut menjadi susah dalam memproduksi minyak rambut alami. Karena terhambatnya proses produksi minyak rambut alami, kulit kepala akan menjadi kering dan akhirnya ketombe muncul.

3. Kulit kering

Hal ini bisa kita katakan sebagai penyebab ketombe paling umum terjadi. Kulit kering tidak hanya dapat terjadi pada kulit kepala saja, namun bisa juga pada kulit tangan dan juga kaki.

4. Produksi shampo dan conditioner yang tidak cocok dengan kulit kepala

Memilah dan memilih produk shampoo dan conditioner merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kulit kepala dari serangan ketombe. Apabila produk yang Anda gunakan tidak sesuai dengan kulit kepala, sudah pasti ketombe akan muncul pada kulit kepala Anda.

5. Infeksi jamur malassezia

Jambur malassezia sendiri biasa hidup dan berkembang biak di kulit kepala dan tidak memberikan efek berbahaya bagi kulit kepala. Akan tetapi, jika dibiarkan jamur tersebut akan dapat menyebabkan iritasi kulit kepala yang ujung-ujungnya mengundang ketombe datang.

Apabila Anda sudah mencoba berbagai macam metode untuk menghilangkan ketombe, maka tidak ada salahnya bila Anda mencoba untuk menggunakan metode alami cara menghilangkan ketombe di bawah ini.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami


1. Mencuci rambut Anda dengan aspirin : Ya, Anda tidak salah dengar, aspirin mengandung asam salisilat yang terdapat di banyak sampo anti-ketombe. Ini mencegah pertumbuhan ketombe dan menekan pengelupasan.

2. Menggunakan baking soda untuk mencuci rambut Anda bisa mengurangi pertumbuhan jamur di rambut Anda yang bisa memicu ketombe. Basahi rambut Anda dan gosokkan soda kue ke rambut Anda, dan bilas dengan air, tanpa menggunakan sampo. Anda secara bertahap akan melihat ketombe Anda menghilang.

3. Minyak kelapa : Memijat kulit kepala Anda dengan 2-3 sendok makan minyak kelapa dan membiarkannya di kulit kepala selama satu jam adalah obat yang telah dicoba dan diuji untuk ketombe.

4. Jus lemon: jus lemon tidak hanya enak, ini juga merupakan pengobatan yang bagus untuk ketombe. Pijat saja kulit kepala Anda dengan 2 sendok makan jus lemon dan bilas dengan air dengan sedikit jus lemon. Ini akan membantu Anda menghilangkan ketombe secara substansial.

5. Aloe Vera : Aloe Vera bekerja sebagai perawatan gatal. Efek menenangkan dari tanaman akan membantu Anda menghilangkan rasa gatal dan membantu Anda rileks.

6. Minyak Zaitun : Pijat kulit kepala dan rambut Anda dengan minyak zaitun dan biarkan semalaman dengan topi mandi di kepala Anda. Keramas rambut Anda di pagi hari. Ini telah dibuktikan sebagai terapi tradisional untuk ketombe.

Sekian informasi mengenai cara menghilangkan ketombe atau cara mengatasi ketombe di kulit kepala kita secara alami dan muda. Artikel ini bersumber pada Media Online Indonesia, selamat mencoba dan semoga berhasil untuk mengatasi ketombe Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

0 Response to "Inilah Penyebab dan Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel